Hello^_^

zwani.com myspace graphic comments
Graphics for Funny Hello Comments

Selasa, 03 April 2012


Menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI

Zona kenyamanan yang ditawarkan sistem TI tertentu
telah membuat kebanyakan pengguna komputer terus tergantung
sehingga tidak pernah berani melakukan perubahan
untuk menuju Indonesia yang lebih MANDIRI.
Tahukah Anda bahwa kita – sebagai pengguna komputer – sebetulnya sudah terbelenggu oleh suatu sistem tertentu selama berpuluh-puluh tahun … ??? Dan karena belenggu yang sudah kuat mengakar ini kita seolah-olah tidak akan bisa berkomputer dengan baik jika tidak menggunakan sistem ini.
Ada cukup banyak belenggu yang mengikat kebebasan para pengguna komputer di Indonesia, beberapa diantaranya adalah :
1. Belenggu Sistem Tertutup
Salah satu sistem yang membelenggu pengguna komputer adalah software dengan sistem tertutup (Closed Source). Kebanyakan software populer menggunakan sistem tertutup ini, sebut saja Microsoft (Windows, Office), Adobe (Photoshop), Autodesk (3ds Max, AutoCAD) dan masih banyak lagi lainnya.
Software yang dikembangkan dengan sistem tertutup mencegah pengembang lain untuk memodifikasi kode sumbernya. Hal ini akan menjadi masalah jika suatu saat perusahaan pengembang tutup, maka software ini tidak akan bisa dikembangkan lagi. Sebagai contoh adalah software pengolah kata Wordstar yang sangat populer di Indonesia puluhan tahun silam.
2. Belenggu Format Dokumen
Pengguna fanatik Wordstar tentu saja tidak akan pernah membayangkan jika suatu saat dokumen yang dikerjakannya sekarang ini tidak bisa dibuka kembali dengan mudah. Dan bukan suatu hal yang aneh jika suatu saat dokumen yang kita tulis dengan menggunakan software sistem tertutup (sebut saja Microsoft Office) akan mengalami hal serupa dengan Wordstar.
Namun ‘bencana’ ini tidak akan pernah terjadi jika sejak awal kita berani mengambil keputusan untuk menggunakan dokumen dengan format sistem terbuka. Mengapa …?!!! Karena apapun software yang dipergunakan, dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu dapat dibuka. Bahkan sekalipun jika kita menggunakan platform yang berbeda-beda (Windows, Mac, Linux, dll), dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu bisa diakses dengan mudah.
Tahukah Anda bahwa format dokumen yang akan dijadikan Standar Nasional Indonesia (SNI) nantinya adalah format ODF (Open Document Format / Format Dokumen Terbuka) dan bukannya format dokumen tertutup yang sangat populer di Indonesia (doc, docx, xls, xlsx, dll).
3. Belenggu Virus Komputer
Virus komputer menyerang personal komputer sejak tahun 1980an. Namun setelah sekian puluhan tahun jumlah virus komputer bukannya semakin berkurang tetapi justru terus bertambah dengan pesatnya. Mengapa hal ini bisa terjadi …?!!!
Salah satu penyebab utama adalah karena sistem operasi yang dipergunakan kebanyakan komputer berbasiskan sistem tertutup. Karena sifatnya yang tertutup, maka sangat sulit bagi pengembang lain untuk membantu memperbaiki lobang keamanan di sistem ini.
Ini berbeda jauh dengan sistem operasi yang dikembangkan dengan sistem terbuka. Karena sifatnya yang terbuka, maka celah dan gangguan keamanan bisa diperbaiki dengan cepat oleh para pengembang di seluruh dunia sehingga virus komputer akan sangat sulit untuk berkembang.
4. Belenggu Software Bajakan
Sejak awal komputer personal masuk di Indonesia, kita sudah dibiasakan untuk menggunakan software bajakan. Tidak mengherankan jika sampai saat ini kita masih susah untuk melepaskan diri dari belenggu software bajakan.
Namun jika kebiasaan buruk ini terus dipelihara, secara tidak langsung berarti kita telah ikut menjerumuskan Indonesia dalam jurang kehancuran yang lebih dalam. Bayangkan jika sebagian besar pengguna komputer di Indonesia – mulai dari anak, orang tua, guru, pengusaha, pemuka agama, pejabat, sampai penegak hukum – semuanya membiasakan diri berlaku kotor dengan menggunakan software bajakan … bagaimana mungkin kita bisa melihat dan mengharapkan Indonesia yang bersih (misal dari korupsi, dll) … ????
5. Belenggu Software Proprietary
Software proprietary adalah software yang menggunakan sistem tertutup. Software proprietary kebanyakan berpotensi menyedot devisa ke luar negeri dan biasanya dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan kantong pengguna komputer Indonesia. Jika Indonesia terus terikat pada belenggu software proprietary maka selain terjadi pemborosan besar-besaran juga akan membuat Indonesia sulit untuk mandiri.

SOLUSI menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI

Sejak puluhan tahun, kita – sebagai pengguna komputer – sudah dibiasakan untuk tidak mandiri. Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan, Belenggu Software Proprietary sudah biasa kita alami sehingga kita tidak pernah sadar bahwa sebetulnya ada belenggu yang sangat kuat dalam kehidupan kita. Belenggu ini sedemikian kuatnya sehingga seakan-akan membentuk rantai yang tidak bisa diputus.
Namun jika ikatan belenggu ini didiamkan terus menerus akan sangat berakibat buruk untuk masa depan Indonesia. Indonesia akan sulit untuk menjadi bangsa yang BERSIH, UNGGUL, dan MANDIRI.
Perubahan harus dilakukan mulai dari sekarang untuk Indonesia. Dan ini bisa dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Sebagai pengguna komputer, kita bisa melakukan perubahan mulai dari dalam isi komputer. Pastikan kita berani melakukan perubahan dalam isi komputer kita terlebih dahulu sebelum berharap untuk melihat perubahan pada Indonesia yang lebih BAIK.
Mandiri di bidang TI dengan GARUDA
GARUDA adalah salah satu software yang bisa dipergunakan untuk memberikan kebebasan dari Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan dan Belenggu Software Proprietary. Dengan menggunakan Garuda untuk memutuskan ikatan belenggu ini maka kita telah membuka langkah untuk menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI.
GarudaONE … apakah kamu berani membawa INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI …?!!!
Silakan sampaikan dukungan, pandangan dan pendapatmu mengenai gerakan Go LIBERTY untuk menyongsong masa depan INDONESIA yang lebih MANDIRI.

2 komentar:

hayobelajarcerdaskanbangsa mengatakan...

Bagus!
Ini adalah solusi cerdas bagi kita semua, sy penasaran dengan berita, dulu yang pernah saya baca di Internet tentang adanya software OS garuda, sy penasaran dengannya.

Unknown mengatakan...

Oh iya,, bagi masnya klo berminat silahkan download aja mas,.
di link diatas...
100% open source lho..

//huaaa web tidak dapat dicopy kangmas // // //batas akhir code kangmas